Pentingnya Digital Marketing Bagi Perkembangan Layanan Kesehatan

Semua pebisnis online pasti setuju bahwa kunci sukses dari bisnis mereka ada pada proses pemasarannya. Marketingyang kurang optimal dan tepat malah akan merugikan bisnis online karena sudah memakan biaya tetapi tidak kunjung mendapatkan pelanggan. Hal ini berlaku pula pada klinik kesehatan. Karena laju perkembangan teknologi yang sangat pesat, kegiatan marketingsekarang tidak lagi menyulitkan. Anda bisa memanfaatkan cara digital marketing pasien untuk menarik banyak pasien ke klinik kesehatan Anda. Apalagi sekarang penggunaan media digital sangat tinggi di kalangan masyarakat Indonesia. Tentu Anda akan rugi besar bila tidak memanfaatkan hal ini untuk menarik pasien ke klinik Anda.

Digital Marketing Untuk Klinik dan Dokter

Google menemukan bahwa 44% pengunjung memilih untuk membuat janji temu secara online atau dengan menelepon setelah mengambil nomor dari situs web sebelum mengunjungi tempat tersebut. Ini menunjukkan kepada kita tren tertentu dari prospek yang melakukan riset online sebelum memilih rumah sakit, klinik, atau dokter. Menggunakan digital marketing untuk layanan kesehatan Anda memberikan jangkauan audiens yang lebih luas dan menciptakan branding yang baik dari layanan kesehatan yang Anda berikan. Digital marketing untuk dokter atau klinik? Kedengarannya aneh setelah mendengarkannya. Namun, dengan pertumbuhan pengguna internet yang luar biasa, Digital marketing diperlukan untuk setiap sektor saat ini. Ada berbagai strategi marketing online yang tersedia untuk dokter dan klinik yang direncanakan dengan baik dengan penelitian yang mendalam. Karena, industri perawatan kesehatan kini hadir dengan teknologi yang lebih baru setiap hari. Hal ini telah menjadi penting untuk membiarkan orang tahu tentang hal itu. Marketing internet untuk dokter dan klinik sangat penting bagi mereka. Sesuai survei kesehatan, sekitar 4,3% dokter dan dokter menggunakan strategi digital marketing untuk mempromosikan diri mereka sendiri. Ada banyak dokter di luar sana tetapi pasien bahkan tidak tahu tentang mereka. Oleh karena itu, untuk membuat diri Anda dapat dikenali, kehadiran online Anda sangat diperlukan.

Mudahnya Cara Digital Marketing Pasien Klinik Kesehatan

Proses digital marketing pasien ini tidak akan membutuhkan waktu lama karena yang perlu Anda persiapkan hanya modal pemasarannya saja. Digital marketing yang ampuh dan berkualitas membutuhkan tenaga ahli yang memang memiliki kemampuan pada bidang teknologi. Namun, Anda juga bisa mengimbanginya dengan melakukan promosi di media sosial menggunakan konten-konten yang menarik.

Penyediaan Situs Khusus untuk Klinik Kesehatan

Ketika pasien akan berobat tentang permasalahan apapun yang mereka derita, hal pertama yang akan mereka lakukan adalah mencari informasi di Google. Sehingga kesediaan situs untuk klinik kesehatan akan sangat penting. Adanya situs ini bisa membuat calon pasien tersebut mengetahui keberadaan klinik kesehatan dan semakin penasaran untuk mencoba berobat di klinik tersebut.

Sisipkan Ulasan Pasien

Umpan balik pasien sangat berarti. Ini membantu dalam membangun kepercayaan di antara pasien. Sudah menjadi kebiasaan setiap orang untuk bertanya tentang dokter tertentu sebelum mengunjungi mereka. Mereka sedang melakukan apa? Mereka mengambil ulasan dari pelanggan. Jadi jika sebagai dokter Anda dapat menghasilkan ulasan dari pasien Anda dan meletakkannya di situs web, maka calon pasien akan dapat membaca dan memutuskan apa yang harus dilakukan. Selain itu, rekaman video ulasan dapat membuat dampak yang kuat pada penonton. Jika pasien Anda siap menghadap kamera dan membagikan pengalaman mereka, maka Anda hanya perlu merekam video dan meletakkannya di situs web atau YouTube atau saluran media sosial Anda.

Optimalkan Situs Klinik dengan SEO

 Peluncuran pertama situs tidak serta merta membuat situs Anda berada di urutan pertama pencarian Google. Sehingga Anda masih perlu melakukan optimasi agar situs tersebut bisa dengan mudah dijangkau oleh calon pasien Anda. Persiapkan topik-topik artikel yang berhubungan dengan layanan di klinik Anda agar dapat memancing mereka untuk berkunjung. Bila Anda kesulitan untuk menuliskan artikel dengan berpedoman pada SEO, Anda bisa memanfaatkan jasa dari penyedia artikel SEO.

Menulis Blog Secara Teratur

Ini bertindak sebagai jembatan antara Anda dan pasien Anda. Menulis blog secara teratur dapat membantu dalam meningkatkan volume pasien. Buat konten yang ingin dibaca pengguna dan mereka akan membagikannya. Menulis blog bukan tentang menulis apa pun, menulis sesuatu yang terkait dengan pembaruan terkini di bidang keahlian Anda. Anda juga dapat berbagi berbagai pengalaman pasien yang pernah Anda temui. Jika Anda menulis tentang beberapa penyakit serius, pastikan Anda membuatnya sedemikian rupa sehingga pasien tidak akan takut atau khawatir setelah membacanya. Katakanlah jika Anda menulis tentang kanker maka pastikan Anda menyebutkan tentang menjaga kemauan yang kuat untuk melawannya.

Iklan Bayar Per Klik

Menjadi seorang dokter dan bidang Anda terkait, Anda dapat sangat mempercayai iklan bayar per klik Google. Ini memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan hanya kepada mereka yang menggunakan kata kunci yang telah Anda targetkan. Ini memungkinkan Anda untuk menghindari masyarakat umum dan menargetkan orang-orang yang tepat. Pastikan untuk menggunakan terminologi dan istilah pencarian yang akan digunakan pasien Anda saat mencari.

Kekuatan Sosial Media

Media sosial adalah kunci untuk mempromosikan merek atau wajah apa pun. Jika seorang dokter terjun ke kolam media sosial dan menciptakan kesan yang baik pada audiens, maka ada kemungkinan besar untuk mendapatkan rekomendasi. Facebook memudahkan para dokter untuk berbagi informasi dengan pasien. Semua pembaruan klinik dapat dibagikan di Facebook. Menurut Arsip Infografis, sekitar 60 persen pengguna media sosial paling mungkin mempercayai posting dan aktivitas media sosial oleh dokter daripada grup lain. Jadi, sebagai dokter, Anda telah berjuang setengah mati dalam digital marketing.

Rekam Video Anda Sendiri

Dokter selalu sibuk karena jadwal kerja mereka. Tetapi untuk memiliki reputasi yang baik dan nilai nominal di pasar, mereka harus menggunakan taktik seperti itu. Buat video yang menarik dan informatif. Audiens akhir-akhir ini beralih ke konten visual, jadi beri mereka itu. Jika misalnya, seorang ahli bedah ortopedi berbicara tentang kesehatan tulang dan berbagi keahliannya dengan audiens, audiens akan menganggapnya menarik.

Foto Menarik Untuk Instagram

Setelah Anda selesai memberikan senyum siap foto kepada pasien Anda, menurut Anda di mana mereka akan memamerkannya terlebih dahulu? Instagram adalah cara terbaik untuk menunjukkan sisi visual yang meningkatkan kepercayaan diri dari praktik Anda, terutama jika Anda berfokus pada kedokteran gigi kosmetik. Ingat, jangan terlalu sering menggunakan filter di sini. Tujuannya adalah untuk tampil seprofesional dan autentik mungkin.

Di zaman sekarang ini, digital marketing untuk dokter sudah menjadi suatu keharusan. Waktu dokter selalu singkat, jadi sewalah agen pemasaran digital yang bagus. Agen-agen ini pandai menciptakan strategi pemasaran online untuk dokter. Sampai di sini ulasan terkait cara digital marketing pasien klinik kesehatan yang bisa Anda jadikan referensi. Anda bisa mulai merencanakan proses promosi Anda dari sekarang agar tidak menghambat perolehan pasien di klinik.

Source : https://pracpital.com/blog/fasilitas-kesehatan-101:-serba-serbi-fasilitas-kesehatan-914/cara-digital-marketing-pasien-klinik-kesehatan-dengan-mudah-6w8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


    Request Demo


      Request Demo