Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kesia SIMRS: Hemat Waktu dan SDM

Kecepatan waktu dalam memberikan layanan kesehatan sering kali menjadi acuan untuk menilai kualitas pelayanan kesehatan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Oleh karena itu, fasyankes harus memilih Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) terbaik agar mutu pelayanannya tetap terjaga.

Pelayanan kesehatan merupakan usaha yang dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan guna mencegah, menyembuhkan, dan memulihkan penyakit yang dialami perorangan, keluarga, ataupun kelompok masyarakat. Umumnya, waktu tunggu menjadi kunci dari penilaian kualitas pelayanan kesehatan yang ada di tengah masyarakat.

Lamanya waktu tunggu atau keterlambatan petugas kesehatan dalam memberikan perawatan sering kali memberikan dampak negatif pada kepuasan pasien dan penilaian kualitas pelayanan kesehatan. Hal inilah yang membuat fasyankes berupaya untuk menghadirkan sistem yang mampu mempersingkat waktu antrean.

Ketidakpuasan Pasien Muncul Akibat Waktu Pelayanan Lama

Sepertinya sudah bukan rahasia apabila pasien memerlukan waktu yang cukup panjang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Proses mendaftarkan diri di meja pendaftaran hingga masuk ke ruang pemeriksaan dokter memakan waktu yang tidak sedikit, lamanya waktu menunggu ini, kerap kali menjadi penyebab menurunnya tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di sebuah klinik menunjukkan pasien rata-rata membutuhkan waktu lebih dari 60 menit atau sekitar 70 menit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Durasi tersebut dapat dikategorikan lama sehingga menyebabkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan berkurang.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kesia SIMRS

Fakta bahwa waktu menjadi masalah krusial yang sering kali memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, beberapa vendor pun hadir untuk menghadirkan solusi berupa sistem manajemen rumah sakit. Kesia menjadi salah satu vendor berpengalaman yang terus berinovasi untuk menghadirkan SIMRS yang mampu mendukung seluruh proses pelayanan tanpa perlu menambah jumlah SDM di rumah sakit.

Melalui Kesia SIMRS rumah sakit dapat mengatasi berbagai persoalan yang kerap kali muncul pada proses pelayanan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa keunggulan sistem yang berperan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan:

  1. Sistem mudah dioperasikan

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, rumah sakit membutuhkan sistem yang dapat dengan mudah dioperasikan oleh tenaga kesehatan agar proses pemberian layanan menjadi lebih cepat dan efisien. Kesia SIMRS dirancang dengan model sistem yang mudah dimengerti sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk bisa mengoperasikan sistem tersebut.

  • Sistem saling terhubung

Lamanya waktu menunggu kerap kali terjadi karena sistem yang tidak saling terhubung antara meja pendaftaran dengan sistem di ruang pemeriksaan, ruang penyimpanan rekam medis, maupun bagian farmasi. Akibatnya, petugas harus melakukan pemindahan data secara manual.

Untuk menjawab masalah tersebut, Kesia SIMRS hadir dengan fitur yang saling terhubung tidak hanya dengan fitur lain di rumah sakit tetapi juga dengan layanan SATUSEHAT dan berbagai perusahaan penyedia layanan kesehatan lainnya, seperti Laboratorium Information System (LIS), Aplicares BPJS, SISRUTE, dan SIRANAP. Kelebihan ini tentu dapat membantu mempersingkat waktu antrean pasien.

  • Pasien bisa mendaftar online

Kesia SIMRS hadir dengan aplikasi antrean online yang dapat diakses menggunakan smartphone oleh pasien. Solusi ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi antrean yang menumpuk di meja pendaftaran. Selain dapat memudahkan tenaga kesehatan, fitur ini juga dapat membantu pasien agar tidak menunggu terlalu lama.

  • Berbasis web browser

Untuk mempersingkat waktu pelayanan kesehatan, rumah sakit memerlukan sistem yang dapat diakses dengan mudah dan cepat. Berdasarkan hal inilah, Kesia SIMRS hadir dengan fitur berbasis web browser sehingga petugas kesehatan dapat langsung mengakses sistem melalui perangkat pintar, seperti komputer, laptop, atau tablet tanpa harus terlebih dahulu menginstall aplikasi.

Inilah 4 keunggulan Kesia SIMRS yang dapat membantu mempersingkat waktu dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit yang Anda kelola. Dengan menerapkan sistem ini, Anda dapat meminimalisir keterlambatan penanganan pasien dan mengoptimalkan kinerja tenaga kesehatan. Ingin meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit yang Anda kelola? Hubungi Tim marketing Kesia untuk dapatkan penawaran menarik dan informasi selengkapnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


    Request Demo


      Request Demo