Bagaimana EMR Meningkatkan Kualitas Layanan Rumah Sakit?

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berobat. Rumah sakit menjadi institusi strategis dalam menjamin kualitas kesehatan masyarakat yang baik, serta meningkatkan angka harapan hidup masyarakat. Untuk dapat mencapai hal tersebut, kualitas layanan rumah sakit menjadi kunci penting yang harus senantiasa dijaga dan ditingkatkan.

Pengetahuan dan teknologi medis terus berubah seiring dengan perkembangan zaman. Seperti pada era industri 4.0 saat ini, digitalisasi menjadi salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan rumah sakit. Di antara berbagai alternatif digitalisasi, Electronic Medical Record (EMR) menjadi salah satu pilihan yang mulai digunakan oleh beberapa rumah sakit di Indonesia.

Dampak Penggunaan EMR Terhadap Kualitas Layanan Rumah Sakit

Meskipun sudah dikembangkan dan digunakan cukup lama di negara-negara maju, EMR tergolong sebagai hal yang baru di Indonesia. Tidak heran, muncul berbagai pertanyaan yang meragukan tentang efektifitas EMR dalam meningkatkan kualitas layanan rumah sakit.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita dapat berkaca pada penerapannya di negara-negara yang telah memanfaatkan EMR dalam pelayanan kesehatan mereka. Dari penerapannya di berbagai negara, EMR terbukti efektif meningkatkan kecepatan dan kualitas layanan rumah sakit. Dilansir dari jurnal resmi yang dipublikasikan oleh The College of Family Physicians of Canada, diperoleh data sebanyak 65% dokter yang menggunakan EMR menunjukkan adanya peningkatan pelayanan pasien.

Salah satu kunci penting cara EMR dapat meningkatkan kualitas layanan rumah sakit adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan informasi kesehatan pasien. Integrasi informasi pasien yang didukung EMR memungkinkan staf rumah sakit untuk mencari data rekam medis pasien secara lebih mudah dan cepat, bahkan sejak dari tahap pendaftaran. Pasien tidak perlu lagi antri selama berjam-jam di loket administrasi dan ruang tunggu. Pendaftaran dapat dilakukan secara online, dan data pasien secara real time dapat diakses oleh dokter.

Ringkasan bagan, catatan medis, dan template surat konsultasi dapat dengan mudah diakses oleh dokter bahkan ketika pemeriksaan berlangsung. Hal tersebut akan sangat membantu dokter dalam melakukan diagnosis yang akurat serta menentukan tindakan medis yang paling tepat bagi kesembuhan pasien. Selain berpengaruh pada akurasi pengambilan keputusan medis, kecepatan akses data rekam medis digital juga membuat layanan rumah sakit menjadi jauh lebih cepat dan efisien. Dengan berbagai fungsi tersebut, EMR akan meningkatkan kualitas layanan rumah sakit baik dalam hal efisiensi dan efektifitasnya.

Kontribusi EMR Meminimalisir Medical Error

Layanan kesehatan rumah sakit tidak terlepas dengan segala risiko yang membayanginya. Medical error atau kesalahan medis merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan dunia pelayanan kesehatan, bahkan untuk negara maju sekalipun. Dilansir dari hopkinsmedicine.org, studi Johns Hopkins menemukan bahwa setiap tahunnya kesalahan medis bertanggung jawab terhadap kematian 250.000 orang di Amerika Serikat. Itu merupakan penyebab kematian tertinggi ketiga di Amerika.

Dapat dibayangkan, jika Amerika sebagai negara maju saja tidak dapat terlepas dengan permasalahan kesalahan medis, bagaimana dengan negara berkembang seperti Indonesia? Tentunya Indonesia akan lebih sulit untuk terlepas dari kesalahan medis. Kabar baiknya, EMR dapat menjadi solusi dalam menekan kesalahan medis yang terjadi dalam suatu pelayanan kesehatan. 

Secara umum, salah satu penyebab kesalahan medis adalah kesalahan administrasi. Entah karena kesalahan penulisan, data medis yang tidak lengkap (baik karena hilang, rusak, atau tidak terinput), maupun kesalahan memaknai pembacaan medis. Hal tersebut tidak lagi terjadi ketika menggunakan EMR. Saat menginput data pasien ke dalam sistem EMR, sistem akan mengeluarkan peringatan apabila terdapat indikasi kesalahan input atau ketidaksesuaian data oleh petugas. Dengan peringatan ini, kesalahan akan lebih mudah dideteksi dibanding pencatatan manual pada kertas. Tingkat human error pada staf administrasi dapat ditekan secara optimal.

Dengan meningkatnya kualitas layanan rumah sakit oleh sistem EMR seperti Kesia, kesalahan medis mampu diminimalisir dan kredibilitas rumah sakit pun akan turut naik. Pasien akan semakin percaya untuk menjalani perawatan kembali di kemudian hari. Masyarakat akan semakin menilai positif layanan rumah sakit Anda. Hal ini akan menjadi nilai unggul dan meningkatkan daya saing rumah sakit Anda diantara berbagai fasilitas layanan kesehatan lainnya. 

Source: https://aviat.id/bagaimana-emr-meningkatkan-kualitas-layanan-rumah-sakit/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


    Request Demo


      Request Demo