Perkembangan Teknologi di Bidang Kesehatan dari Masa ke Masa

Gambaran Teknologi Kesehatan di Masa Depan

Perkembangan teknologi di bidang kesehatan akan terus berjalan dari masa ke masa. Di masa depan, salah satu focus perkembangannya adalah untuk memudahkan akses pasien untuk mendapatkan layanan kesehatan. Ini tentunya perlu didukung oleh perkembangan teknolgi di dunia kedokteran dan kesehatan itu sendiri.

Saat ini, kecanggihan teknologi kedokteran dan kesehatan ditunjukkan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah kehadiran Artificial intelligence (AI) atau kecerdasa buatan. AI adalah kecerdasan buatan yang memungkinkan sebuah mesin untuk bisa menggantikan manusia atau tenaga kesehatan dalam melakukan fungsinya. Seperti melakukan aktifitas adminstrasi dan customer service. Dalam perkembangannya, AI berupa mesin bisa melakukan pemeriksaan dikondisi kesehatan tertentu bahkan bisa melakukan diagnosis penyakit.

Tidak hanya berhenti disitu, beberapa negara maju saat ini tengah mengembangkan robot yang nantinya bisa menjadi asisten dokter dalam melakukan tindakan operasi dengan tingkat ketelitian yang tinggi. Meski begitu, tentu peran dan fungsi utama manusia tetap tidak bisa digantikan oleh mesin maupun robot. Karena AI tidak memiliki naluri yang dimiliki oleh manusia.

Untuk itulah, Artificial Intelligence (AI)[TP1]  dikembangkan dengan tujuan menjadi asisten bagi manusia untuk melakukan aktifitas tertentu, dalam hal ini di bidang kesehatan.

Tugas dokter untuk melayani pasien di era teknologi ini tidak hany dipermudah dengan kehadiran AI, namun juga adanya perkembangan teknologi di bidang kesehatan berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Lalu apa peran AR dan VR?

Dua teknologi itu bisa membantu pasien dengan Alzheimer dan demensia untuk memunculkan kembali ingatan dan kesenangan[TP2]  dengan mengembalikan waktu, suara, pengalaman dan peristiwa di masa lampau. Sedangkan bagi anak dengan autism, kehadiran AR dan VR bisa membantu mereka dalam belajar bagaimana menjelajahi dunia.

Itu adalah beberapa contoh perkembangan teknologi di bidang kesehatan sejak era 9.0 hingga era industry 4.0 saat ini. Tentu di masa depan, teknologi yang dikembangkan semakin beragam.

Sumber:
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2664645/melihat-perkembangan-teknologi-kesehatan-di-era-digital


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


    Request Demo


      Request Demo